Kalimantan Selatan

WISATA BANJARMASIN, WISATA KALSEL, WISATA TANAH LAUT (KALSEL)

Kalimantan Selatan yang di sebut Bumi Lambung Mangkurat terletak di sebelah selatan pulau Kalimantan. Sebelah barat berbatasan dengan provinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur dengan Selat Makasar, sebelah selatan dengan Laut Jawa dan di sebelah utara berbatasan dengan propinsi Kalimantan Timur.

Provinsi yang ibu kotanya adalah Kota Banjarmasin ini pada umumnya terdiri dari dua musim seperti halnya wilayah-wilayah lain di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau (panas). Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai Mei. Sedangkan musim kemarau (panas) terjadi pada bulan Juni sampai Agustus dan di antara kedua musim tersebut terdapat musim pancaroba. Sedangkan untuk daratan terbagi menjadi dua, kawasan dataran rendah yang kebanyakan berupa lahan gambut hingga rawa dan dataran tinggi berupa hutan tropis dan pegunungan.

Di povinsi yang di juluki pulau seribu sungai ini Anda dapat menikmati wisata alam yang terdiri dari banyak sungai, hutan, danau, pantai dan pegunungan, serta wisata kuliner khas daerah banjar, budaya banjar dan sejarah berupa tokoh-tokoh pahlawan nasional dan peninggalan beranekaragam seni budaya.

Kalimantan Selatan juga kaya akan Kerajinan tradisional yang indah dibuat dari bahan baku lokal seperti batu, emas, perak, kuningan, besi, dan juga berbagai varietas kayu seperti bambu dan rotan.

Rute Menuju Kalimantan Selatan

Kalimantan SelatanUntuk mengunjungi Kalimantan Selatan kita bisa masuk melalui Bandar Udara Syamsudin Noor yang menghubungkan dengan kota-kota di seluruh kepulauan Indonesia. Mekipun belum menjadi bandara Internasional namun kegiatan di bandara cukup ramai setiap harinya, apalagi hari-hari libur, Bandara ini terletak di Kota Banjarbaru sekitar 25 km dari Kota Banjarmasin. Dan juga di dekat bandara sudah tersedia penginapan ataupun hotel.

Atau kalau dari arah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur kita bisa naik Bus antar Provinsi. sedangakn untuk lewat laut kita bisa melalui pelabuhan trisakti yang juga menghubungakan dengan Pulau Jawa, Makassar dan kota-kota lainnya.

Daftar Kabupaten / Kota di Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan selatan terdiri dari 13 Kota dan Kabupaten yang tersebar di berbagai wilayah dan di pimpin oleh seorang wali kota dan bupati, yaitu*:

 

NO Kabupaten / Kota Pusat Pemerintahan Bupati / Wali Kota
1 Kab. Barito Kuala Marabahan Hasanuddin Murad
2 Kota Banjarmasin Banjarmasin Ibnu Sina
3 Kota banjarbaru Banjarbaru Ruzaidin Noor
4 Kab. Banjar Martapura Khalilirahman
5 Kab. Tapin Rantau Arifin Arpan
6 Kab. Hulu Sungai Selatan Kandangan Achmad Fikry
7 Kab. Hulu Sungai Tengah Barabai Abdul Latif
8 Kab. Hulu Sungai Utara Amuntai Abdul Wahid
9 Kab. Balangan Paringin Ansharuddin
10 Kab. Tabalong Tanjung Anang Syakhfiani
11 Kab. Tanah Laut Pelaihari Bambang Alamsyah
12 Kab. Tanah Bumbu Batu Licin Mardani H. Maming
13 Kab. Kota Baru Kota Baru Sayed Jafar Alaydrus

*Data Tahun 2016

Sejarah Tentang Kalimantan Selatan

Kalimantan SelatanPenduduk awal di wilayah ini tinggal dekat pantai di kaki Gunung Meratus. Terkadang pedagang dari India dan Cina datang yang kemudian membuat kota-kota kecil ini berkembang lebih besar dan makmur.

Kerajaan Banjar pada abad ke-16 dan 17 sudah mengadakan hubungan dengan kesultanan Demak dan Mataram. Kerajaan inipun tidak luput incaran bangsa asing seperti Belanda dan Inggris yang silih berganti mendatangi pelabuhan Banjar.

Penjajahan oleh Belanda memaksa rakyat berjuang meraih kemerdekaan, namun berakhir sia-sia. Beberapa pemimpin ditangkap, diasingkan bahkan dihukum mati.

Saat masa pendudukan Jepang, rakyat pun kembali berjuang keras melakukan perlawanan bersenjata. Karena perjuangan inilah, banyak lahir tokoh-tokoh pahlawan Nasional dari bumi lambung mangkurat. Di antaranya: Sultan Suriansyah, Pangeran Antasari, Hasan Basri, Pangeran Hidayatullah, Pangeran Muhammad Noor, dll.

Kawasan Kalimantan Selatan pada masa lalu merupakan bagian dari 3 kerajaan besar yang pernah memiliki wilayah di daerah ini, yakni Kerajaan Negara Daha, Negara Dipa , dan Kesultanan Banjar. Setelah Indonesia merdeka, Kalimantan dijadikan provinsi tersendiri.

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Kalimantan SelatanDi Provinsi yang kaya akan sumber daya alam berupa Batu bara dan intan ini, Anda dapat menikmati budaya sungai di Banjarmasin sebagai corak budaya tersendiri yang menarik. Sebagian besar kegiatan masyarakat di Banjarmasin terjadi sungai atau di sekitar sungai. Oleh karena itu sangatlah menarik menyaksikan kehidupan kota dari tengah sungai. Anda dapat menyewakan perahu motor yang mangkal di tepi sungai Inilah salah satu kegiatan wisata paling menarik di kota Banjarmasin dengan berjalan-jalan menyusuri sungai dan kanal. Daerah pinggiran kota pemandangan alam sungainya masih asli dan wisatawan dapat menyusuri sepanjang sungai Martapura dan sungai Barito dengan menggunakan perahu Klotok danSpeedboat.

Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan

Selain wisata sungai, di Kalimantan Selatan juga terdapat tempat-tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal, luar pulau dan juga mancanegara, di antaranya:

  • Pasar Terapung Siring Sungai Martapura di Banjarmasin
  • Pasar Terapung Lokbaintan di Kab. Banjar
  • Menara Pandang Banjarmasin
  • Museum WASAKA Banjarmasin
  • Taman Maskot Banjarmasin
  • Pulau Kembang di Kab. Barito Kuala
  • Jembatan Barito di Kab. Barito Kuala
  • Air Terjun Haratai di Loksado
  • Bambu Rafting (Arung Jeram Menggunakan Bambu) di Loksado
  • Air Terjun Bajuin di Pelaihari
  • Gunung Kayangan di Pelaihari
  • Pantai Takisung dan Pantai Batakan di Kab. Tanah Laut
  • Bukit Lebak Naga di Kab. Tanah Laut
  • Pantai Angsana dan Pantai Pagatan di Kab. Tanah Bumbu
  • Pulau Samber Gelap dan Pulau Sembilan di Kab. Kota Baru
  • Pantai Teluk Tamiang di Kab. Kota Baru

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang mempunyai kuliner khas daerah, begitupun di Kalimantan selatan, terdapat aneka jenis makanan khas dan mempunyai citarasa yang tinggi, dari segi makanan yang paling terkenal seperti Soto Banjar, Beberapa bumbu yang digunakan adalah adalah cengkeh, biji pala dan kayu manis.

Selain itu, ada juga makanan khas lainnya seperti Ketupat Kandangan, aneka masakan ikan patin, masak habang, nasi itik, dll.

apam_barabaiUntuk jenis kue, juga tak kalah enaknya, yang terkenal seperti apam barabai, kue yang berasal dari  Barabai, Kab Hulu sungai selatan ini mempunyai rasa yang khas, bingka, bingka barandam, kelalapon, untuk-untuk, pais pisang, putu mayang, amplang ikan tengiri, krupuk ikan tengiri, ikan seluang goreng, dll.

Suku dan Kebudayaan Kalimantan Selatan

kalsel duluKalimantan SelatanPenduduk asli Kalimantan Selatan umumnya suku bangsa Banjar yang intinya terdiri dari sub suku, yaitu Maayan, Lawangan dan Bukiat yang mengalami percampuran dengan suku bangsa Melayu, Jawa dan Bugis. Identitas utama yang terlihat adalah bahasa Banjar sebagai media umum.

Dari segi suku atau etnis, mayoritas penduduk Kalimantan selatan adalah suku Banjar, data dari BPS tahun 2010 yakni 74% dari seluruh penduduk di Kalimantan Selatan, di susul suku Jawa, yang mendiami di daerah-daerah transmigrasi dan Banjarbaru, di Kalimantan selatan juga terdapat suku Dayak, meskipun mayoritas suku Dayak berada di Kalimantan Tengah. Suku Dayak menempati kawasan pegunungan Meratus dan aliran sungai Barito. Dan suku lainnya yaitu Bugis, Madura, Mandar, Sunda dll.

Kalimantan Selatan

Dari segi Kebudayaan yang terkenal yaitu Madihin atau puisi yang di bacakan secara bergantian oleh beberapa orang dengan saling menjawab, biasanya di pergelarkan ketika ada acara-acara tertentu.

Di bidang seni terdapat rumah banjar atau rumah bubungan tinggi sebagai rumah khas Kalimantan selatan. Juga Batik Sasirangan yang merupakan kain yang biasanya untuk di buat pakaian, seragam dan juga di pakai untuk sekedar hiasan, batik sasirangan sangat terkenal di Kalimantan Selatan bahkan sampai mancanegara.

Sumber: Wikipedia.org, kalsel.bps.go.id, kalselprov.go.id dan sumber lainnya.

Leave a Reply